Konsentrasi

Konsentrasi, bagi satu orang bisa saja mudah dilakukan dalam menghadapi sesuatu yang baru. Tetapi bagi orang lain, bisa saja merupakan hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Terutama orang yang tidak menyadari arti pentingnya konsentrasi saat menerima informasi baru.

Konsentrasi sangat berperan untuk jalan masuknya informasi ke memori otak kita. Informasi tersebut bisa masuk melalui indera penglihatan, pendengaran, dan juga perasa. Keadaan pendengaran yang baik, belum tentu menjamin informasi yang masuk melalui pendengaran menuju ke memori otak dapat terekam dengan baik. Hal ini tergantung dari konsentrasi seseorang.

Pada saat ini, penguatan konsentrasi seseorang banyak mengalami gangguan dari keadaan sekitar. Seorang siswa di rumah sulit membangun konsentrasi untuk belajar karena sekitarnya ada suara bising dari televisi, hilir mudik kendaraan bermotor, tetangga yang sedang ngrumpi, dll.

Bersambung

This entry was posted in Cara Belajar. Bookmark the permalink.

2 Responses to Konsentrasi

  1. vendi says:

    Sebagaimana pula konsentrasi murid bapak ketika ditatar dalam pelatihan, walaupun sudah pada tua, karna asyik dengan komputer, internet atau facebook misalnya, lupa deh memperhatikan bapak. he he he😀

    • choirulyogya says:

      he he….. he he…
      Itu memang yang akan saya tulis Pak.
      Dan banyak diantara kita yang tidak menyadari bahwa kerugian yang kita alami banyak sekali karena kurang konsentrasi. Ada kecelakaan, karena sopir tidak konsentrasi pada jalan didepannya, karena sambil guyon atau sambil main sms/telpon. Kita diberi tugas untuk belajar/pelatihan yang penyelenggaraannya memakan biaya besar, tapi pelatihannya kita ikuti sambil main-main, atau tidak konsentrasi. Sehingga tranfer ilmunya tidak bisa maksimal.
      Dan itu tugas kita Pak, sebagai guru harus selalu mengingatkan pada siswa kita. Yang susah adalah kalau siswa kita umurnya sudah tua-tua dan profesinya guru lagi, seperti dalam pelatihan itu. Dan itulah asyiknya………
      Wassalam
      Choirul Anam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s